Kamis, 08 Mei 2008

Fast Channel Switching pada Mobile Live TV Streaming

Fast Channel Switching pada Mobile Live TV Streaming

Sekarang ini perkembangan teknologi sudah sangat canggih, terlihat dari banyaknya produk – produk baru dari sistem komunikasi, seperti computer, laptop, handphone. Serta alat – alat komunikasi lainnya. Semakin meningkatnya perkembangan teknologi dipengaruhi oleh idealisme, dan faktor semangat yang dimiliki oleh para teknisi komunikasi, baik nasional maupun internasional.

Sentral perkembangan alat komunikasi sangat mendominasi berbagai kalangan, karena masyarakat indonesia khususnya sangat memperhatikan perkembangan teknologi khususnya mengenai teknoligi perkembangan handphone. Berbagai macam jenis handphone telah mendominasi perkembanganya,

Multimedia Service sebagai arah dari perkembangan Mobile Internet Application merupakan suatu aplikasi layanan multimedia (Audio, Video, Animasi Grafis, Image, dan Text) yang dapat diakses pada sebuah mobile device. Content Multimedia Service ini terus berkembang sejalan dengan Wireless Comunication System. Dengan didukung link rate data transmission yang tinggi dan High Speed Downlink Packet Access (HSDPA) pada jaringan 3rd Generation (3G) membuat layanan video streaming tidak akan menjadi masalah.

Salah satu aplikasi dari Multimedia Service adalah Mobile Televition (Mobile TV). Mobile TV adalah layanan berbasis video streaming yang memungkinkan pengguna menikmati layanan TV pada mobile device. Layanan 3G berbasis unicast adalah yang paling ideal untuk pasar Mobile TV, karena memungkinkan operator menampilkan saluran TV yang tidak terbatas jumlahnya, dan dapat pula menyediakan interaktivitas melalui voting dan content download.

Saat ini, pengguna perangkat mobile dapat menikmati layanan mobile TV dengan melakukan dial pada alamat tertentu sesuai dengan yang telah ditentukan operator. Namun, ini memiliki kekurangan karena untuk mengakses content TV show pada saluran TV yang berbeda maka user harus memutuskan koneksi terlebih dahulu kemudian melakukan request kembali. Hal ini tentu akan menyulitkan user, karena selain tidak efektif dari sisi waktu, juga karena user harus melakukan banyak request untuk mengakses layanan content TV show dari saluran TV berbeda.

Oleh karena itu, seiring bertambahnya pengguna layanan Video Streaming khususnya Mobile TV maka, mekanisme penggunaan yang mudah serta aspek fast channel switching dari Mobile TV menjadi sangat penting agar waktu rata-rata menonton TV menjadi lebih pendek dibandingkan metode layanan Mobile TV saat ini. Pada Tugas akhir ini, akan dianalisa dan disimulasikan suatu sistem Mobile Live Streaming Television yang bersifat Multi-channel. Diharapkan Mobile TV dapat menjadi suatu pilihan yang menarik untuk pengguna ponsel, operator, dan sektor penyiaran.

Konfigurasi server streaming video yang akan dipakai mempunyai spesifikasi :

  • Video Streaming server dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman Java2 ( SDK-1.4. ).
  • File video di server menggunakan file format Third Generation Patnership Project (3GPP)।

RONI KURNIAWAN 153040360

Tidak ada komentar: